Bagaimana Cara Diet Sehat Yang Efektif ?

cara diet sehatObesitas atau kelebihan berat badan bisa dipicu oleh beberapa banyak hal dari mulai faktor pola makan, keturunan dan pola hidup yang tidak sehat atau kurang berolahraga. Memiliki tubuh yang ideal adalah dambaan setiap wanita, maka dari itu demi mendapatkan tubuh yang ideal banyak sekali terutama kalangan wanita rela menahan rasa lapar. Tapi ingat ya itu adalah cara yang salah, bukannya mendapatkan tubuh ideal, justru malah akan menimbulkan berbagai penyakit.

Lalu Bagaimana Cara Diet Sehat Yang Efektif ?

1. Menentukan Target

Target bisa dimulai sebagai langkah awal dan penyemangat untuk membantu menurunkan berat badan. Seperti contoh jika kamu sering makan dan ngemil mulai saat ini kurangi kebiasaan tersebut.

2. Perbanyak Minum Air Putih

Memperbanyak minum air putih dapat mengurangi resiko dehidrasi, selain itu juga efektif menurunkan berat badan karena air putih tidak mengandung kalori dan biasakan minum 2 gelas air putih sebelum makan agar saat makan tidak terlalu banyak.

3. Olahraga/ Aktif Bergerak

Olahraga merupakan hal yang harus dilakukan saat menjalankan diet, karena dapat membakar lemak didalam tubuh. Biasakan dahulu olahraga yang ringan seperti jogging, jalan santai, senam aerobik. Jika anda tidak memiliki waktu untuk olahraga maka sempatkanlah untuk berjalan kaki menaiki tangga seperti di kantor saat istirahat.

4. Mengkonsmsi Makanan Yang Mampu Membakar Lemak

Berikut adalah beberapa jenis makanan yang efektif untuk membakar lemak dalam tubuh secara cepat dan inilah cara diet alami tanpa olahraga:

  • Buah berry: Ada beberapa jenis buah berry yang efektif untuk menurunkan berat badan yaitu bluberry, raspberry, dan strawberry. Semua jenis buah berry ini rendah kalori dan mengandung flavonoid sehingga cocok dikonsumsi untuk program diet. Selain itu buah ini juga mengandung antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas.
  • Telur: Telur merupakan salah satu jenis makanan yang kaya akan protein dan rendah kalori sehingga banyak praktisi kesehatan yang menganjurkan untuk mengkonsumsi telur saat diet.
  • Yogurt: Yogurt meryupakan salah satu makanan sehat yang kaya akan vitamin dan rendah lemak. Jika mengkonsumsi yogurt secara rutin setiap hari dapat menurunkan kadar lemak dalam perut sebanyak 81%.
  • Teh hijau: Minuman yang banyak dikonsumsi oleh mayoritas orang adalah teh, namun jenis teh yang efektif untuk menurunkan berat badan yaitu teh hijau atau biasa disebut dengan teh olong. Teh hijau mampu meningkatkan proses metabolisme dalam tubuh sehingga pembakaran lemak dalam tubuh lebih cepat. Jadi jika kamu ingin menurunkan berat badan secara cepat maka konsumsi teh hijau secara teratur setiap hari untuk mendapatkan hasil lebih maksimal.

5. Mengkonsumsi Makanan Yang Mengandung Serat

Selain untuk membantu program diet, mengkonsumsi makanan mengandung serat sangat baik untuk kesehatan. Makanan yang mengandung banyak serat diperoleh dari buah buahan dan sayuran, jadi jika anda sedang menjalankan program diet perbanyaklah makan sayur dan buah buahan.

6. Mengganti Karbohidrat dengan Karbohidrat Kompleks

Karbohidrat merupakan sumber energi dan gula bagi tubuh sehingga tubuh membutuhkan asupan karbohidrat yang cukup. Biasanya karbohidrat didapat dari nasi, mie, dan lainnya. Ternyata makanan itu sulit untuk diserap oleh tubuh sehingga menumpuk menjadi lemak. Oleh karena itu gantilah karbohidrat biasa dengan karbohidrat kompleks seperti gandum, beras merah, kacang-kacangan, sereal, dan lainnya karena lebih mudah diserap oleh tubuh menjadi energi yang dibutuhkan oleh tubuh.

7. Mengurangi Konsumsi Makanan Kemasan dan Berminyak

Makanan siap saji, makanan kemasan dan makanan yang digoreng memiliki kandungan kalori dan tinggi dan mengandung MSG, garam dan gula yang takarannya sangat tinggi. Maka untuk mendapatkan berat badan yang ideal kurangilah untuk mengkonsumsi makanan kemasan. Lebih baik kita membuat makanan sendiri dengan bahan yang masih segar dan dapat mengukur jumlah garam, MSG dan gula yang masuk kedalam tubuh kita. Dan gantilah cemilan anda dengan mengkonsumsi buah segar.

8. Makan dengan Porsi yang Lebih Kecil

Jika Anda terbiasa makan dalam jumlah yang besar dan dalam sekali waktu, maka Anda bisa mencoba untuk mengurangi makanan. Anda bisa mencoba untuk makan dalam porsi yang lebih kecil. Mengkonsumsi makanan dalam porsi yang lebih kecil akan membantu tubuh Anda menerima makanan dengan jumlah yang lebih kecil juga. Anda bisa meletakkan setiap makanan dalam satu piring namun dalam jumlah yang lebih sedikit dari kebiasaan Anda. Cara ini juga bisa membantu pencernaan terbiasa mengolah makanan yang lebih sedikit.

9. Mengunyah Hingga Lembut Saat Makan

Kebiasaan makan cepat mungkin terdorong dari waktu makan yang memang sedikit atau kebiasaan buruk yang sudah lama dilakukan. Makan dalam waktu yang sangat cepat akan membuat tubuh menjadi lebih gemuk. Hal ini terjadi karena organ pencernaan menerima makanan yang kurang lembut. Berbagai jenis makanan yang masuk ke saluran pencernaan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk diserap dan diolah. Untuk mengatasi hal ini maka Anda bisa mencoba untuk makan pelan dan mengunyah semua makanan hingga lembut. Cara ini akan membantu usus menyerap sari makanan dengan baik. Kebiasaan ini akan membuat proses pembakaran kalori menjadi lebih cepat.

10. Hindari Waktu Makan Malam

Saat sarapan kita dituntut untuk mengkonsumsi makanan yang cukup banyak, karena makanan yang kita makan dipagi hari digunakan untuk beraktifitas. Saat makan siang makanlah dengan porsi yang sedang. Dan saat makan malam makanlah dengan porsi yang sangat sedikit. Bila perlu anda tidak mengkonsumsi nasi tapi dengan mengkonsumsi sebuah apel saja. Karena makan malam yang berlebihan akan menyebabkan orang mudah mengantuk dan akhirnya tertidur. Makan malam dapat menyebabkan makanan tidak tercerna secara sempurna dan mengakibatkan obesitas. Makan malam yang baik kurang dari jam 6 malam.

Itulah cara diet sehat yang efektif menurunkan berat badan dengan cepat jika kamu mengaplikasikannya dengan baik. Saat menjalani diet kamu harus tetap cermat dalam memperhatikan setiap asupan yang kamu makan agar berat badan tetap terpantau dan ideal. Adapun jika anda sedang mencari suplemen yang alami untuk menurunkan berat badan kami merekomendasikan Walatra Gereen Coffee dari kandungan biji kopi hijau yang efektif membantu menurunkan berat badan. belisekarang.png

 

One thought on “Bagaimana Cara Diet Sehat Yang Efektif ?”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s