Cara Diet Tanpa Makan Nasi Cepat Menurunkan Berat Badan

nasi

Mungkin kamu sudah sangat familiar dengan diet tanpa nasi? Ini merupakan salah satu diet yang cukup efektif dan mudah. Namun meski terlihat mudah, banyak juga lho yang gagal dalam menjalankan diet ini.

Bagi orang Indonesia, nasi merupakan syarat utama yang wajib ada di setiap hidangan. Bahkan, sampai-sampai kebanyakan orang Indonesia beerpendapat bahwa belum makan bila belum makan nasi. Rasanya tidak akan kenyang bila perut belum diisi oleh nasi.

Prinsip diet tanpa nasi adalah mengurangi asupan karbohidrat, sehingga tubuh akan mencari nutrisi lain yang akan diubah menjadi energi, misalnya dari cadangan lemak dalam tubuh untuk mengolahnya menjadi sumber energi. Tentunya menghilangkan peran karbohidrat pada tubuh tidak dapat dilakukan untuk itu hal paling bijak adalah mengurangi asupannya pada tubuh dan mulai membiasakan makan menu berkarbohidrat dengan porsi sewajarnya. Selain itu menjadwalkan olahraga secara teratur untuk mendukung gaya hidup yang lebih sehat.

1. Mengganti Nasi dengan Karbohidrat Lain

karbohidrat.png

Karbohidrat merupakan zat gizi utama yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Tubuh kita memperoleh energi untuk beraktivitas dengan cara membakar karbohidrat yang kita dapatkan dari makanan. Namun, jika Anda sedang diet, pilihlah sumber karbohidrat yang tepat. Hal ini akan membantu Anda dalam menurunkan berat badan. Diantaranya adalah : Sagu, Jagung, Singkong, Beras Merah, Ubi Jalar, Kacang-kacangan, Roti Gandum.

2. Sarapan

Kalau biasanya saat sarapan pagi kamu mengkonsumsi bubur ayam, nasi kuning atau nasi uduk, cobalah untuk menggantinya hanya dengan mengkonsumsi sayuran dan lauk yang mengandung protein tinggi seperti daging dan telur.

sarapan.pngKamu boleh memilih sayuran apa saja yang kamu suka, seperti sayur kangkung, bayam, buncis, brokoli, ataupun selada air. Kamu juga boleh kok menambahkan sedikit kentang rebus. Jika masih kurang kenyang, tak masalah jika kamu mau makan buah pisang ataupun roti gandum.

3. Makan Siang

Untuk makan siang, kamu juga bebas kok mau memilih makanan apa saja. Yang terpenting adalah hilangkan menu nasi dan hindari makanan-makanan berminyak yang mengandung kolesterol tinggi.

makan siang.png

Tak lupa juga, selalu pilih menu makanan yang terdapat sayuran supaya nutrisi dan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh tetap terpenuhi. Menu makanan yang bisa kamu coba untuk siang hari seperti sayur asem, tahu, tempe, ayam, atau pepes.

4. Makan Malam

Pada malam hari, alangkah baiknya jika porsi makanmu lebih sedikit daripada sarapan atau makan pagi. Di malam hari lebih baik perbanyak makan sayur dan buah-buahan. Kamu bisa menyediakan sup sayur yang lezat atau salad sayur dan buah yang segar.

makan malam.png

Agar bisa lebih mengenyangkan, pilihah sayuran dan buah yang mengandung banyak serat agar dapat membuat perutmu merasa kenyang lebih lama. Lagipula, makanan dengan serat tinggi sangat baik untuk pencernaanmu.

5. Tidur Cukup

Anda juga memperhatikan pola tidur Anda. Jangan sampai Anda kurang tidur atau berlebihan tidurnya. Umumnya, manusia memerlukan tidur delapan jam setiap harinya. Dengan menjaga pola tidur yang stabil, Anda akan terbantu dalam menjaga stamina tubuh Anda. Sehingga metabolime dalam tubuh Anda pun dapat bekerja dengan baik dan teratur.

6. Melakukan Olahraga

olahraga.pngOlahraga sangat disarankan untuk menurunkan berat badan secara cepat. Karena selain berfungsi untuk menjaga kebugaran tubuh juga untuk membantu mengoptimalkan manfaat program diet tersebut. Olahraga yang dilakukan tidak perlu berat, cukup ringan saja akan tetapi dilaksanakan secara teratur. Misalnya berjalan kaki selama 15 menit atau menaiki/menuruni tangga dan lain lain.

Nah, itulah tadi ulasan mengenai diet tanpa nasi yang dapat membantu menurunkan berat badanmu dengan cepat. Meski terlihat sepele, tapi kamu tak boleh meremahkannya ya! Tetaplah konsisten dan teguh pada pendirian agar berbuah hasil seperti yang diinginkan. Selamat mencoba!

One thought on “Cara Diet Tanpa Makan Nasi Cepat Menurunkan Berat Badan”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s