Makanan Rendah Kalori dan Rendah Lemak Untuk Diet Cepat Menurunkan Berat Badan

diet rendah kaloriMemiliki berat badan yang berlebih mungkin menjadi masalah bagi sebagian besar orang. Banyak orang yang melakukan berbagai hal untuk menurunkan berat badannya, dari melakukan diet, olahraga ketat. Tapi apakah anda yakin bahwa diet yang sedang anda jalankan adalah diet yang aman dan tidak memiliki dampak negatif pada kesehatan ? Disini kami akan membagikan tips diet untuk anda yang memiliki berat badan berlebih dengan diet rendah kalori.

Kalori merupakan bahan bakar yang dibutuhkan oleh tubuh untuk beraktivitas. Jika asupan kalori Anda jauh lebih tinggi dari jumlah kalori yang dibutuhkan tubuh maka tubuh akan menyimpannya sebagai cadangan makanan dalam bentuk lemak. Cadangan makanan tersebut tersimpan di bawah kulit sehingga akan membuat tubuh Anda terlihat gemuk. Baca Juga : Bagaimana Cara Diet Sehat Yang Efektif ?

Oleh karenanya, jika Anda ingin menurunkan berat badan, konsumsi makanan rendah kalori sangat dianjurkan. Makanan yang rendah kalori merupakan makanan yang memiliki kandungan kalori dalam jumlah sedikit dan biasanya kaya akan nutrisi lain yang penting bagi tubuh.

Apa Tujuan Dari Diet Rendah Kalori ?

Diet rendah kalori memang difokuskan untuk menurunkan berat badan seseorang dan membuat berat badannya menjadi normal, tapi tidak hanya itu, berikut adalah tujuan dari diet rendah kalori lainnya:

  • Mencapai dan mempertahankan status gizi sesuai dengan umur, gender, dan kebutuhan fisik. Walaupun dalam diet ini, kebutuhan kalorinya dikurangi, tetapi pengurangan yang dilakukan tidak ekstrim dan tidak menyebabkan dampak negatif pada tubuh.
  • Mencapai indeks massa tubuh yang ideal yaitu 18,5-25 kg/m2
  • Mengurangi asupan energi, sehingga penurunan berat badan dapat tercapai dan diperkirakan bahwa berat badan akan turun sekitar 1 sampai ½ kg dalam satu minggu. Tidak hanya itu, pastikan juga bahwa yang berkurang dari tubuh adalah sel lemak yang menyimpan lemak-lemak di tubuh, terutama pada bagian pinggang dan perut. Baca Juga : Hindari Cara Diet Yang Tidak Sehat

Aneka Makanan Rendah Kalori dan Lemak

Terdapat berbagai jenis makanan rendah kalori dan lemak yang perlu Anda ketahui agar Anda dapat menentukan menu makanan yang cocok untuk menjaga kesehatan dan berat badan Anda. Adapun daftar makanan rendah kalori antara lain adalah sebagai berikut:

Buah

Buah-buahan dapat menjadi makanan yang mengenyangkan. Cobalah untuk mengonsumsi apel atau melon yang kaya akan serat. Selain mengenyangkan, makanan rendah kalori ini juga kaya akan vitamin, mineral, serat, dan antioksidan.

Anda dapat mengganti aneka cemilan tinggi kalori Anda dengan buah-buahan yang lebih sehat. Jika Anda bosan mengonsumsi buah potong segar, Anda juga bisa mengganti cemilan Anda dengan keripik buah alami.

Sayur

Sayur kaya akan serat dan memiliki efek mengenyangkan yang lebih baik dari buah-buahan. Gantilah sebagian porsi makanan berat Anda dengan makanan rendah kalori ini.

Anda juga bisa menambahkan lebih banyak sayur dalam menyajikan sandwich atau omelette untuk memberikan efek lebih kenyang sekaligus memperkaya kandungan nutrisinya. Selain mengonsumsi sayuran segar, Anda juga bisa mengonsumsi keripik sayur untuk memenuhi kebutuhan serat Anda.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan kaya akan protein dan serat yang mampu memberikan efek kenyang dengan kandungan kalori yang rendah. Anda dapat menyajikan kacang-kacangan sebagai cemilan sehat.

Akan tetapi, pastikan bahwa kacang yang Anda olah tidak melalui proses penggorengan atau penambahan gula dan garam berlebih agar makanan rendah kalori ini tetap memberikan manfaat sehat yang optimal bagi Anda.

Produk susu rendah lemak

Meminum susu bisa dijadikan salah satu cara untuk memberikan efek kenyang. Begitu pula dengan aneka produk susu lainnya seperti yoghurt atau keju. Pilihlah susu rendah lemak jika Anda ingin tetap mengonsumsi minuman atau makanan rendah kalori.

Biji-bijian utuh

Biji-bijian utuh merupakan makanan rendah kalori yang paling mengenyangkan. Karena terbuat dari biji-bijian utuh yang terjaga kandungan serat dan aneka nutrisinya, makanan rendah kalori ini paling dianjurkan selama menjalani diet.

Beberapa contoh biji-bijan utuh yang dapat Anda konsumsi adalah jagung atau oat. Anda juga bisa memilih cemilan yang lebih sehat dan rendah kalori seperti popcorn yang terbuat dari jagung atau granola yang terbuat dari oat. Baca Juga : Cara Diet Tanpa Makan Nasi

Daging tanpa lemak

Beberapa orang mengira bahwa daging merupakan makanan yang tinggi kalori. Akan tetapi, sebenarnya daging tanpa lemak dapat digolongkan sebagai salah satu makanan rendah kalori. Agar kandungan kalorinya tetap terkontrol, hindari proses memasak daging dengan tambahan lemak seperti minyak atau mentega.

Agar kalori olahan daging tidak tinggi, masaklah daging tanpa lemak dengan cara direbus, kukus, atau panggang. Jika Anda ingin mengonsumsi olahan daging yang lebih sehat, pilihlah olahan daging sapi yang dibuat tanpa menggunakan bahan-bahan kimia seperti dendeng daging sapi alami.

Ikan

Ikan juga kaya akan protein yang bisa memberikan efek kenyang. Meskipun mengandung lemak, lemak yang terkandung dalam daging ikan merupakan lemak sehat yang akan membatu mengusir lemak jahat dalam tubuh Anda.

Itulah beberapa makanan rendah kalori yang dapat menurunkan berat badan dengan cepat jika anda mengaplikasikannya dengan baik. Saat menjalani diet kamu harus tetap cermat dalam memperhatikan setiap asupan yang kamu makan agar berat badan tetap terpantau dan ideal. Adapun jika anda sedang mencari suplemen yang alami untuk menurunkan berat badan kami merekomendasikan Walatra Gereen Coffee dari kandungan biji kopi hijau yang efektif membantu menurunkan berat badan.

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s