Cara Mudah Efektif Mengecilkan Perut Buncit dan Menghilangkan Lemak Di Perut

Perut buncit saat ini bisa dibilang masalah yang mengganggu penampilan bagi banyak orang. Area perut adalah tempat di mana lemak paling banyak tertimbun karena otot-otot pada bagian tersebut paling jarang digunakan dan dilatih sehingga pembakaran lemak dan kalori yang terjadi di sana sangat minimal.

perut buncit.png

Seorang pria dikatakan memiliki perut buncit yang mengarah kepada obesitas bila lingkar perutnya >102cm dan parameter untuk wanita yaitu >88cm.

Selain bentuk tubuh menjadi tidak ideal dan sulit untuk menemukan pakaian yang pas untuk tubuh, seseorang yang memiliki perut buncit mempunyai faktor risiko yang lebih besar untuk terserang berbagai penyakit tertentu, seperti penyakit kolesterol, diabetes, dan juga penyakit jantung. Baca Juga : Senam Aerobik Dapat Membakar 680 Kalori Per-Jam

Oleh karena itu, perut buncit tidak boleh disepelekan begitu saja dan Anda harus mulai mengambil langkah untuk mengecilkannya. Olahraga atau aktivitas fisik yang teratur dan diet adalah dua poin penting yang harus dilakukan sebagai cara mengecilkan perut buncit. Oleh karena itu, berikut adalah beberapa langkah utama untuk mengecilkan perut buncit yang mungkin bisa Anda lakukan.

1. Olahraga 30 menit per hari

Kuncinya adalah Anda harus tetap aktif dengan berolahraga, karena lemak visceral akan datang saat Anda malas untuk berolahraga. Cobalah untuk berolahraga setidaknya 30 menit sehari untuk latihan sedang seperti berjalan, jogging, atau sit up.

Lakukanlah secara rutin karena latihan sedang tersebut dapat membantu Anda mengendalikan berat badan, meningkatkan denyut jantung, dan memperlambat timbulnya lemak visceral pada perut Anda.

2. Perbanyak serat dan protein

Memperhatikan pola makan tidak hanya berguna untuk menurunkan berat badan, namun juga dapat dilakukan untuk mengecilkan perut buncit. Anda harus memperhatikan porsi makan dan asupan zat gizi dari makanan yang Anda konsumsi. Makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi adalah makanan yang mengandung serat seperti buah, sayur, dan biji-bijian, makanan yang mengandung protein, serta membatasi asupan karbohidrat. Baca Juga : Makanan Rendah Kalori dan Rendah Lemak

Penelitian Hairston menunjukkan bahwa orang yang mengkonsumsi 10 gram serat per hari (seperti satu buah apel kecil, ataupun secangkir kacang hijau) dapat mencegah timbulnya lemak visceral pada perut.

3. Tidur minimal 6 jam sehari

Lagi-lagi, tidur bermanfaat untuk kesehatan termasuk dalam upaya untuk mengecilkan perut Anda. Menurut sebuah penelitian diketahui bahwa orang yang tidur cukup, yaitu enam sampai tujuh jam per hari, memperoleh lebih sedikit lemak visceral dibandingkan dengan orang yang tidur kurang dari lima jam per hari.

4. Jangan lupa bersantai

Tanpa Anda sadari, mengelola stres dapat membantu Anda dalam mengecilkan perut buncit. Cobalan untuk bersantai dengan keluarga atau teman, bermeditasi, atau berolahraga santai untuk membuat Anda tetap bahagia dan terhindar dari stres.

5. Perbanyak konsumsi cairan

Pernahkah Anda terbangun dengan keadaan perut yang membesar dibanding sebelumnya? Hal tersebut dapat terjadi jika Anda terlalu banyak makan malam hari sebelumnya. Jika hal tersebut terjadi, cobalah untuk perbanyak konsumsi cairan, seperti sup, jus, atau smoothies saat sarapan. Cairan dapat membantu Anda mencegah perut Anda menjadi lebih besar dan akan membantu melancarkan pencernaan Anda.

6. Lakukan semuanya secara rutin hingga menjadi gaya hidup

Perut buncit memang bukan hal yang perlu dikhawatirkan karena hal tersebut wajar terjadi. Namun, jika perut Anda selalu membesar setelah ngemil atau makan, hal tersebut bisa menjadi tanda bahwa Anda mengalami sembelit. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda harus konsisten untuk perbanyak konsumsi cairan agar tidak dehidrasi, berolahraga secara teratur, konsumsi makanan yang sehat dan mengandung serat (seperti buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian). Dan untuk saat ini, para ahli menekankan bahwa gaya hidup, terutama olahraga, adalah cara terbaik untuk melawan lemak visceral. Baca Juga : Hindari Cara Diet Yang Tidak Sehat Untuk Menurunkan Berat Badan

KESIMPULAN

Olahraga dan diet adalah 2 poin penting untuk mengecilkan perut buncit yang Anda miliki. Dalam menjalankan kedua hal tersebut Anda perlu memahami bahwa tidak ada sesuatu yang instan. Oleh karena itu, lakukan kedua hal tersebut secara berdampingan disertai dengan niat, ketekunan, dan kesabaran.

Selain itu, Anda juga harus peka dan mengenali batasan diri Anda. Jika olahraga tertentu tidak dapat Anda lakukan karena kondisi tubuh atau kaki Anda yang tidak memungkinkan, Anda dapat memilih cukup salah satu olahraga yang paling tepat untuk Anda. Asalkan Anda melakukan secara teratur dan konsisten, maka perut buncit Anda akan menjadi rata.

Kandungan Green Coffe Untuk Menurunkan Berat Badan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s