7 Cara Cepat Membuat Diet Anda Berhasil Saat Puasa Ramadhan

Pada bulan Ramadhan umat muslim di seluruh Dunia menjalankan Ibadah Puasa satu bulan penuh dengan menahan diri dari makan dan minum dari mulai terbit fajar hingga terbenam matahari. Pada Bulan Ramadhan ini adalah waktu yang tepat bagi anda untuk melaksankan diet yang selalu tertunda, tetapi kadang kita melakukan cara diet yang salah sehingga yang terjadi justru berat badan kita naik di bulan Ramadhan. Berikut ini adalah cara diet saat puasa Ramadhan :

1. Mengatur Pola Makan

Pada saat berbuka puasa terkadang kita tidak memikirkan porsi yang kita konsumsi, biasanya kita memakan apa saja yang ada di depan mata kita. Pada strategi diet ini kita harus mampu menahan nafsu makan yang berlebih, pada saat berbuka dan sahur porsi makanan yang kita konsumsi antara karbohidrat, protein, dan lemak harus sesuai yakni 45% karbohidrat, 30% protein, dan 25% lemak. Porsi tersebutlah yang akan memaksimalkan kita dalam program penurunan berat badan pada saat puasa.

2. Mengkonsumsi Karbohidrat Kompleks

Saat berbuka dan sahur akan lebih baik kita mengkonsumsi jenis karbohidrat yang kompleks , yang akan mempermudah kerja sistem pencernaan. Karbohidrat kompleks mengandung banyak serat misalnya biji-bijian, roti gandum, beras merah , sayuran dan buah-buahan segar.

3. Mengurangi makanan yang mengandung gula

Pada saat bulan puasa tradisi atau kebiasaan masyarakat yaitu mengkonsumsi makanan yang manis seperti kolak, kue, sirup , manisan, dan lain-lain. Hal tersebut akan menyebabkan gula darah yang berlebih dan kandungan glikogen di dalam otot juga akan meningkat. Dengan demikian gula darah yang berlebih akan menumpuk menjadi lemak dalam tubuh. Sebaiknya pada saast melakukan diet kita mengurangi mengkonsumsi yang tinggi gula agar mendapatkan berat badan

4. Menghindari Makanan yang Mengandung Kolesterol

Salah satu penyebab lemak tertumpuk karena mengkonsumsi terlalu banyak kolesterol . Apalagi di bulan puasa biasanya setelah tarawih perut merasa lapar. Kebiasaan buruk masyarakat Indonesia menahan rasa lapar tersebut dengan mengkonsumsi gorengan . solusi untuk hal tersebut yaitu mengganti gorengan dengan mengkonsumsi buah-buahan segar untuk menahan rasa lapar. Mengkonsumsi buah-buahan yang mengandung banyak serat akan memberikan hasil yang maksimal saat kita melakukan diet di bulan puasa.

5. Tidak Tidur Setelah Sahur

Cara Diet Saat Bulan Puasa yang selanjutnya adalah tidak tidur setelah sahur. Setelah sahur biasanya akan membuat kita mengantuk dan memutuskan untuk tidur.Dimana sistem pencernaan mulai bekerja untuk menghasilkan energi .Jika kita tidur setelah sahur justru akan menghambat sistem kerja pencernaan dan menghambat proses pembakaran lemak di dalam tubuh . Untuk mengatasi masalah tersebut kita dapat melakukan aktivitas-aktivitas agar kita tidak mengantuk seperti membersihkan rumah, atau pun jalan-jalan menghirup udara segar di luar rumah.

6. Perbanyak Minum Air Putih

Tidak dipungkiri air putih mengandung banyak khasiat bagi tubuh kita , air putih mampu meningkatkan proses pencernaan. Sehingga dianjurkan untuk seseorang yang berpuasa mengkonsumsi 1-2 liter perharinya agar tidak kekurangan dan dehidrasi apalagi yang melakukan program diet di bulan puasa tersebut.

7. Tetap Berolahraga

Berolahraga adalah salah satu aktivitas yang memberikan banyak manfaat bagi tubuh seperti meningkatkan heart rate , blood peasure , dan meningkatkan metabolisme. Olahraga juga menjadi salah satu aktivitas yang dianjurkan pada saat diet. Kebanyakan orang malas melakukan olahraga pada saat bulan puasa , karena mereka beranggapan oahraga membuat capek dan menimbulkan rasa lapar. Meskipun demikian , olah raga harus tetap dilakukan pada saat bulan puasa. Kita dapat memilih olahraga ringan seperti jalan kaki di pagi hari selama 30 menit , bermain bulu tangkis , ataupun sekedar naik turun tangga selama 15-30 menit. Jadi bagi yang melakukan diet di bulan puasa tetap harus melakukan olahraga untuk memaksimalkan program dietnya.

Makanan Untuk Anda Yang Sedang Menjalankan Diet Saat Berpuasa

1. Kurma

Kurma merupakan menu wajib saat berbuka puasa khususnya saat membatalkan puasa. Saat berbuka puasa, ada baiknya anda menghindari makanan yang berat dan pilihlah makanan ringan dan manis seperti kurma ini.

Dalam kurma tersimpan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh seperti mengatasi anemia sebab dalam kurma mengandung kadar zat besi yang cukup tinggi sehingga secara tidak langsung bisa dijadikan suplemen alami untuk anda penderita anemia dan juga untuk menu diet anda saat berbuka puasa. Dalam kurma juga mengandung gula alami yang berguna untuk mengembalikan energi kamu setelah seharian kehilangan banyak energi karena berpuasa.

2. Ikan Bakar

Ikan BakarIkan bakar menjadi menu buka puasa yang sangat sehat dan aman untuk dikonsumsi pelaku diet. Ikan merupakan salah satu jenis lauk yang rendah kandungan lemak. Pilihan ikan sehat yang bisa anda olah sebagai ikan bakar diantaranya adalah ikan dorang, kakap, mas dan juga gurame. Supaya hidangan semakin lengkap nutrisinya, maka ganti mentega dengan olive oil saat akan membakar ikan.

3. Sup Ayam

Sup ayam adalah makanan hangat menyehatkan yang cocok untuk dijadikan menu berbuka puasa saat diet. Selain itu, cara pengolahan sup lebih aman dan sehat jika dibandingkan dengan makanan yang di goreng. Kandungan protein pada ayam sebagai bahan utamanya akan mengembalikan energi dalam tubuh yang sudah hilang selama berpuasa. Sementara aneka sayur yang ada dalam sup ayam ini seperti kembang kol, wortel dan sawi akan memenuhi kebutuhan serat dan mendukung program diet yang sedang anda jalani.

4. Karedok dan Pecel

Salad ala Indonesia yakni pecel dan karedok yang terdiri dari berbagai macam sayur dan juga bumbu kacang ini menjadi menu buka puasa yang sehat untuk anda pelaku diet. Kedua jenis makanan ini sama-sama terdiri dari kandungan serat, vitamin dan nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Sementara untuk sumber karbohidrat untuk menyantap pecel atau karedok, anda bisa mengganti nasi putih dengan nasi merah agar lebih sehat.

5. Kentang Rebus

Kentang RebusMakanan Diet Berbuka Puasa selanjutnya adalah kentang rebus. Kentang merupakan sumber karbohidrat kompleks yang sangat baik untuk dikonsumsi saat berbuka puasa. Selain itu, kandungan kalori yang terdapat di dalam kentang juga sangat rendah sehingga aman untuk anda yang sedang diet.

6. Nasi Merah

Nasi MerahUntuk mengganti nasi putih, anda bisa mengkonsumsi nasi merah untuk berbuka puasa sebab lebih rendah kandungan karbohidratnya. Nasi merah ini menjadi sumber karbohidrat kompleks yang akan membuat anda kenyang lebih lama.

7. Biji Bijian utuh

Biji Bijian utuhMakanan Diet Berbuka Puasa selanjutnya adalah biji-bijian utuh. Aneka biji-bijian utuh juga sangat baik untuk dijadikan menu buka puasa saat sedang menjalani program diet. Beberapa jenis biji-bijian yang baik untuk anda konsumsi diantaranya adalah quinoa, roti gandum utuh, beras merah dan kacang hijau serta kedelai.

Walatra Green Coffee Suplemen Penurun Berat Badan Dalam 2 Minggu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s